Cara Kredit Bukalapak Cicilan Belanja Online

Cara Kredit Bukalapak Cicilan Belanja Online Tanpa Jaminan ,Cara kredit di Bukalapak adalah fasilitas pinjaman di ecommerce untuk berbagai kebutuhan, mulai dari cicilan belanja online, pinjaman tunai sampai pinjaman modal usaha. Banyaknya pilihan kredit ini, tentu saja, menarik untuk dikupas fitur yang ditawarkan masing – masing pinjaman tersebut. yang sudah kita rangkum dalam koocopy

yang di support oleh Club388 Deposit Pulsa

Apalagi semua pinjaman yang ditawarkan ini tanpa jaminan, tanpa kartu kredit.

Bukalapak menawarkan tiga jenis pinjaman.

Pertama, cicilan tanpa kartu kredit tanpa DP untuk membiayai belanja online. Fasilitas ini memungkinkan pengguna belanja di Bukalapak lalu membayar secara cicilan selama beberapa bulan.

Kedua, pinjaman tunai tanpa jaminan yang memberikan dana cepat langsung dicairkan ke rekening peminjam. Cocok untuk mereka yang butuh uang tunai dana darurat.

Ketiga, pinjaman modal usaha tanpa agunan untuk pelapak di Bukalapak. Pinjaman produktif ini membantu pengusaha yang akses pinjaman masih terbatas serta tidak memiliki jaminan.

Berikut ini adalah daftar cara kredit di Bukalapak, sebagai berikut:

1. Bukalapak PayLater (BayarNanti)

Bukalapak PayLater adalah fasilitas pembayaran transaksi menggunakan kredit limit di Bukalapak. Fasilitas PayLater ini disebut dengan nama ‘BayarNanti’ di Bukalapak.

Saat ini BayarNanti hanya dapat digunakan untuk transaksi marketplace (pembayaran barang fisik).

Yang penting diperhatikan sejak awal oleh pengguna yang tertarik ingin menggunakan BayarNanti bahwa fasilitas ini bukan cicilan.

Pembayaran transaksi BayarNanti tidak dapat dilakukan secara cicilan. Hanya menerima full payment.

Bunga yang ditetapkan adalah biaya pelayanan sebesar 5% untuk setiap transaksi pembelian, dimana biaya pelayanan akan dipotong langsung dari kredit limit pembeli.

Terdapat 3 (tiga) jenis kredit limit yang ditawarkan oleh Bukalapak PayLater dengan pembayaran tagihan setiap akhir bulan, yaitu:

  1. Rp1.000.000 (satu juta rupiah).
  2. Rp2.000.000 (dua juta rupiah).
  3. Rp3.000.000 (tiga juta rupiah).

Kredit limit hanya dapat digunakan untuk melakukan transaksi pembelian barang (marketplace) di Bukalapak, kecuali untuk produk-produk sebagai berikut:

  • Virtual Product: Angsuran Kredit, Tagihan Kartu Kredit, Gift Card, E-Money, Pulsa Prabayar, Tiket, Voucher game, Paket Data, Donasi dan Zakat.
  • Keuangan: BukaReksa dan BukaEmas.

Jika pembeli melakukan pembayaran tagihan melebihi tanggal jatuh tempo yang telah ditentukan, maka pembeli akan dikenakan biaya keterlambatan, yang akan disesuaikan dengan jumlah kredit limit yang diterima.

  • *Rp5.000 per hari untuk kredit limit sebesar Rp1.000.000.
  • *Rp10.000 per hari untuk kredit limit sebesar Rp2.000.000.
  • *Rp15.000 per hari untuk kredit limit sebesar Rp3.000.000.

Metode BayarNanti memiliki tanggal jatuh tempo tagihan pada tanggal 28 di setiap bulannya.

Pembayaran tagihan BayarNanti hanya dapat dilakukan melalui metode transfer Virtual Account dan gerai, seperti Alfamart dan Indomaret.

Bukalapak berhak untuk melakukan pemotongan dana secara langsung dari BukaDompet pengguna jika pengguna belum melakukan pembayaran tagihan BayarNanti setelah tanggal jatuh tempo.

Bukalapak berhak untuk melakukan pembekuan kredit limit jika pengguna belum melakukan pembayaran terhadap tagihan BayarNanti setelah tanggal jatuh tempo.

2. Kredit Pintar Pinjaman Tunai Tanpa Jaminan

Kredit Pintar adalah aplikasi pinjaman tunai online 24 jam langsung cair, berbasis P2P.

Bukalapak kerjasama dengan Kredit Pintar dimana pengguna bisa mengajukan pinjaman tunai Kredit Pintar melalui aplikasi Bukalapak.

Pengguna tidak perlu lagi membuka secara terpisah aplikasi Kredit Pintar. Cukup melakukannya via Bukalapak.

Keunggulan Kredit Pintar adalah hanya meminta syarat KTP, tanpa jaminan, tanpa kartu kredit, tanpa BI checking dan cepat cair maksimum 24 jam sejak persetujuan.

Persyaratan pengajuan adalah sebagai berikut:

  1. Memiliki akun Bukalapak dengan nomor handphone yang sudah terverifikasi.
  2. Warga Negara Indonesia berusia minimal 21 tahun (atau 19 tahun jika sudah menikah) hingga maksimal 55 tahun.
  3. Memiliki kartu identitas yang valid. Yang dimaksud kartu identitas valid adalah KTP yang masih berlaku, atau e-KTP dengan masa berlaku seumur hidup. Pengajuan tidak dapat dilakukan dengan resi KTP, dan akan dibatalkan secara otomatis.
  4. Memiliki pekerjaan dengan penghasilan tetap.
  5. Memiliki rekening bank aktif. Yang dimaksud dengan rekening bank aktif adalah rekening bank dengan minimal 1 (satu) kali transaksi apa pun dalam 3 (tiga) bulan terakhir. Pengajuan tidak dapat dilakukan dengan rekening bank dari luar negeri.

Fitur pinjaman cepat cair tanpa jaminan yang ditawarkan Kredit Pintar, adalah:

  • Plafon Rp 500 ribu sd Rp 2.3 juta
  • Tenor 15, 21, 22, 28 hari sd 3  bulan.

Tenor yang ditawarkan berbeda – beda tergantung jumlah plafon kredit yang diajukan. Makin besar plafon, makin panjang tenor.

Dalam pencairan uang tunai ke rekening nasabah, Kredit Pintar melakukan pemotongan biaya di awal, disebutnya biaya administrasi, sehingga dana yang diterima nasabah tidak sebesar persetujuan plafon pinjaman.

Potongan biaya administrasi ini diluar bunga. Total biaya pinjaman harus menghitung biaya administrasi plus bunga pinjaman.

Perhitungan bunga pinjaman dilakukan terhadap plafon yang disetujui (sebelum dipotong biaya administrasi).

Bunga pinjaman Kredit Pintar adalah 14.32% per bulan.

Simulasi pinjaman Kredit Pintar di Bukalapak adalah:

  • Plafon pinjaman Rp 1.2 juta
  • Tenor 2 bulan
  • Biaya Administrasi Rp 120 ribu
  • Angsuran per bulan Rp 732,000 dengan bunga 14.32% / bulan

Dari simulasi ini, kita bisa menghitung bahwa total bunga yang harus dibayar adalah: 35% dalam 2 bulan.

Hitungan bunga: uang yang cair masuk rekening Rp 1.08 juta (Rp 1.2 juta dipotong biaya admin Rp 120 ribu), lalu total pengembalian Rp 1,464,000.

Bunga 35% untuk tenor 2 bulan bukan kredit yang murah. Tetapi perlu diingat juga bahwa proses pinjaman tunai ini cepat dan mudah, cocok untuk mereka yang butuh dana tunai mendesak.

3. Kredivo Cicilan Tanpa DP

Kredivo adalah penyedia cicilan tanpa kartu kredit dan tanpa DP untuk belanja di Bukalapak.

Salah satu keunggulannya adalah pengguna tidak perlu membayar uang muka ketika memilih cicilan dengan Kredivo.

Fitur layanan yang ditawarkan oleh Kredivo adalah:

  1. Pengguna dapat memilih membayar sampai dengan 30 hari jika membeli barang seharga kurang dari Rp 3.000.000.
  2. Pengguna dapat memilih cicilan dengan Kredivo jika harga semua barang yang dibeli sebesar Rp 1.000.000 hingga Rp 30.000.000.

Khusus untuk cicilan tersedia tenor 3, 6, 12 bulan untuk semua barang kecuali Perhiasan dan Aksesoris,

Bunga per bulan di Kredivo adalah 0% untuk sekali bayar dan 2,95% untuk cicilan

Layanan Kredivo sementara hanya berlaku untuk pembeli yang berdomisili di area JABODETABEK, Sukabumi, Cirebon, Yogyakarta, Malang, Solo, Makassar, Bandung, Surabaya, Medan, Bali, Palembang dan Semarang.

Pengguna harus mengajukan lewat aplikasi Kredivo, yang tersedia secara gratis di Google Playstore dan IOS. Lakukan pendaftaran di aplikasi tersebut dan lengkapi semua persyaratan.

Jika disetujui maka pengguna akan mendapatkan pagu kredit yang bisa digunakan untuk berbelanja di merchant yang bekerjasama, yang salah satunya adalah Bukalapak.

Persyaratan pengajuan di Kredivo adalah:

  • Berpenghasilan Rp 3.000.000 per bulan
  • Usia minimum 18 – 60 tahun
  • WNI dibuktikan dengan KTP

4. Akulaku Cicilan Tanpa Kartu Kredit

Akulaku adalah fasilitas cicilan tanpa kartu kredit untuk belanja online di Bukalapak. Tersedia jangka waktu pembayaran 30 hari atau dengan Cicilan 3 bulan, 6 bulan, serta 12 bulan.

Pengguna harus terlebih dahulu memiliki akun Akulaku dengan plafon kredit untuk bisa digunakan membayar belanja online di Bukalapak.

Pengguna harus mendapatkan persetujuan kredit limit terlebih dahulu dari Akulaku, baru bisa menggunakan limit tersebut untuk transaksi cicilan di Bukalapak.

Proses pembuatan akun Akulaku dilakukan melalui aplikasi yang bisa didownload di PlayStore maupun AppStore, dengan proses berikut:

  1. Download aplikasi Akulaku di Google Play atau App Store.
  2. Daftar dengan menggunakan nomor handphone.
  3. Masuk ke menu Bills, lalu klik tombol Ajukan sekarang, ikuti proses pengajuan dengan memasukkan data pribadi, data kontak darurat, data pekerjaan.
  4. Proses pendaftaran akun Akulaku pembeli akan diverifikasi dalam waktu 1×24 jam.
  5. Apabila pendaftaran akun Akulaku disetujui, pembeli akan mendapatkan saldo Limit Kredit yang jumlahnya telah ditentukan berdasarkan penilaian oleh Akulaku.
  6. Limit Kredit yang pembeli dapatkan, bisa langsung digunakan untuk membeli barang apapun di Bukalapak.

Cara kredit di Bukalapak dengan Akulaku menggunakan saldo Kredit yang ada di akun Akulaku. Semakin besar plafon yang dimiliki, maka pengguna bisa semakin mahal membeli harga barang yang bisa dibeli.

Tidak ada batasan harga untuk menikmati Cicilan Tanpa Kartu Kredit dari Akulaku. Namun, Uang muka (Down Payment) yang harus dibayarkan maksimal 24 jam setelah pembeli melakukan pembelian menggunakan metode cicilan.

Biaya yang dikenakan menggunakan cicilan Akulaku adalah:

  • Bunga cicilan ditentukan Akulaku
  • Biaya penangan sebesar 1,5% per transaksi.

Akulaku bisa digunakan selama plafon kredit masih tersedia. Pembayaran cicilan akan menambah plafon kembali dan bisa digunakan untuk transaksi lagi.

5. BAF Pinjaman Multiguna Dana Syariah

BAF (Bussan Auto Finance) menyediakan pinjaman multiguna dengan jaminan kendaraan bermotor di Bukalapak. Pinjaman ini adalah Dana Syariah, dengan tenor sampai 3 tahun.

Dana Syariah merupakan pemberian fasilitas pembiayaan yang memanfaatkan BPKB kendaraan (motor dan mobil) yang telah dimiliki oleh debitur untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan berdasarkan prinsip syariah, yang menggunakan akad Ba’i wal Ijarah Muntahiyyah Bit Tamlik (dua akad dalam satu perjanjian).

Syarat pengajuan adalah usia minimal 21 tahun atau sudah menikah serta memiliki BPKB Motor pribadi dengan usia kendaraan maksimum 10 tahun.

Modal BPKB motor Yamaha, Honda, Kawasaki, dan Suzuki Satria berumur maksimal 10 tahun, bisa mendapatkan pembiayaan hingga Rp 30 juta.

Calon peminjam tidak perlu mengajukan ke BAF, tetapi cukup mengisi data di aplikasi Bukalapak, yang langsung terhubung ke BAF.

Cara mengajukan pinjaman adalah sbb:

  1. Buka aplikasi Bukalapak
  2. Tap “Semua Menu”
  3. Scroll ke bagian “Pinjaman”
  4. Tap menu “Kredit Multiguna”

Meskipun proses dimulai secara online, tetapi ada proses lanjutan di BAF, yaitu:

  • Konsumen datang bersama motor
  • Cek kondisi motor
  • Wawancara
  • Persetujuan Dokumen
  • Dana Tunai Cair

Wajib diperhatikan bahwa terdapat proses nasabah kunjungan untuk membawa kendaraan. Jadi prosesnya tidak benar – benar online, meskipun diajukan secara online.

6. BukaModal Pinjaman Modal Usaha Tanpa Agunan

BukaModal adalah  program Bukalapak yang menawarkan fasilitas pinjaman modal usaha kepada pelapak untuk mengembangkan bisnis online di Bukalapak. Pelapak dapat mengajukan pinjaman untuk modal usaha dengan jumlah pinjaman dan lama cicilan (tenor) tertentu.

Pinjaman modal usaha ini tanpa jaminan dan jumlah plafon yang ditawarkan cukup besar dengan tenor panjang.

Dalam program BukaModal, Bukalapak kerjasama dengan Fintech P2P dan Bank, yaitu:

  • Investree,
  • Koinworks,
  • Modalku,
  • Taralite dan
  • Bank Mandiri

Keunggulan BukaModal adalah Proses yang Cepat dan Mudah, serta Tanpa Jaminan (Proses pinjaman modal tanpa menggunakan jaminan atau agunan)

Related Post

Pinjaman yang diberikan di BukaModal berkisar Rp2.000.000 sampai dengan Rp2.000.000.000 dengan lama pelunasan cicilan yang ditawarkan selama: 3, 6, 12, 18, atau 24 bulan.

Tapi, BukaModal ini hanya khusus untuk untuk pelapak yang telah berjualan minimal 6 bulan. Khusus untuk Rekanan Bank Mandiri, pengajuan pinjaman modal dapat dilakukan oleh pelapak yang telah berjualan minimal 3 bulan.

Persyaratan umum pengajuan adalah:

  • Pelapak adalah Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Sudah terdaftar sebagai pelapak Bukalapak selama minimal 6 bulan. Khusus untuk Rekanan Bank Mandiri, pengajuan pinjaman modal dapat dilakukan oleh Pelapak yang telah berjualan minimal selama 3 bulan.
  • Pelapak memiliki tingkat penjualan di Bukalapak minimal Rp2.000.000/bulan dalam 6 bulan terakhir.
  • Mengisi kelengkapan dokumen sesuai rekanan yang dipilih.
  • Besarnya angka pinjaman ditentukan oleh performa lapak. Hal ini dapat berubah tergantung kebijakan rekanan BukaModal yang dipilih.
  • Pelapak harus terlebih dahulu melalui proses Ajukan Pinjaman dan Status Pinjaman Telah Disetujui sebelum mendapatkan dana pinjaman modal dari rekanan BukaModal.
  • Modal usaha dicairkan langsung ke rekening pelapak.
  • Pembayaran cicilan modal yang didapatkan pelapak dilakukan langsung kepada Rekanan.
  • Pembatalan pinjaman dapat dilakukan sebelum pinjaman dicairkan dengan menghubungi langsung Rekanan.

Disamping persyaratan umum tersebut, masing – masing partner Bukalapak punya persyaratan tersendiri, sebagai berikut:

Investree

Memiliki usia produktif 21 s/d 56 tahun.

Berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya atau Semarang.

Melengkapi dokumen yang dibutuhkan, yaitu: KTP, foto selfie bersama dengan KTP dan NPWP.

Hanya 1 pengajuan pinjaman modal yang dapat diproses dalam satu waktu dan hanya 1 pinjaman modal yang dapat diterima selama masa cicilan belum selesai.

Koinworks

Memiliki usia produktif 20 s/d 55 tahun dan berdomisili di seluruh wilayah Indonesia.

Melengkapi dokumen yang dibutuhkan, yaitu: KTP, KK, NPWP, Mutasi Rekening (halaman depan buku tabungan dan halaman mutasi rekening di 3 bulan terakhir).

Pinjaman modal yang diberikan berkisar Rp5.000.000 sampai dengan Rp2.000.000.000 dengan lama pelunasan cicilan yang ditawarkan selama: 6 s/d 24 bulan.

Persetujuan mengajukan pinjaman modal akan selesai dalam 1 hari kerja. Hal tersebut terhitung sejak dokumen sudah dilengkapi seluruhnya.

Dana pinjaman akan ditransfer langsung ke rekening bank pelapak jika sudah terdanai minimal 80% dalam waktu 8 hari.

Koinworks

Terdapat biaya provisi 5%-6%. Biaya ini akan dibebankan setelah dana pinjaman dicairkan dan hanya akan dipotong dari dana pinjaman yang telah dicairkan.

Terdapat denda 6% per bulan dari total pinjaman jika terlambat membayar cicilan.

Tidak ada penalti apabila pelunasan cicilan selesai sebelum jangka waktunya. Pelapak hanya perlu membayar sisa pokok pinjaman tanpa bunga untuk bulan berikutnya sampai bulan terakhir tanpa dikenakan pinalti dalam bentuk apapun.

Pelapak bisa mengajukan pinjaman modal baru meskipun ada pinjaman yang statusnya sedang aktif berjalan dan telah berlangsung lebih dari 3 bulan dengan riwayat pembayaran cicilan lancar.

Jika proses mengajukan pinjaman modal ditolak, maka pelapak dapat mengajukan kembali 3 bulan kemudian

Modalku

Memiliki usia produktif 21 s/d 55 tahun. Berdomisili di Jabodetabek, Bandung atau Surabaya.

Melengkapi dokumen yang dibutuhkan, yaitu: KTP sendiri, KTP pasangan jika sudah menikah, foto selfie bersama dengan KTP, KK, NPWP individu atau NPWP Perusahaan jika bentuk usaha CV/PT. Jika mengajukan untuk modal usaha, maka sertakan juga laporan keuangan dan informasi rekening bank.

Pinjaman modal yang diberikan terbagi menjadi 2 jenis, yaitu: pinjaman modal cepat dan pinjaman modal usaha.

Untuk modal cepat, pinjaman yang diberikan berkisar Rp5.000.000 sampai dengan Rp100.000.000 dengan lama pelunasan cicilan yang ditawarkan selama: 3, 6, 9 atau 12 bulan. Untuk modal usaha, pinjaman yang diberikan berkisar Rp100.000.000 sampai dengan Rp2.000.000.000 dengan lama pelunasan cicilan yang ditawarkan selama: 3, 6, 12, 18 atau 24 bulan.

Persetujuan mengajukan pinjaman modal cepat akan selesai maksimal 2 hari kerja, sedangkan persetujuan mengajukan pinjaman modal usaha akan selesai 5 s/d 7 hari kerja. Hal tersebut dihitung sejak dokumen sudah dilengkapi seluruhnya.

Dana pinjaman akan dicairkan langsung ke rekening bank pelapak maksimal 2 hari kerja setelah tanda tangan kontrak perjanjian pinjaman.

Terdapat biaya administrasi sebesar Rp500.000 untuk limit pinjaman modal hingga Rp16.000.000 atau 3% untuk limit pinjaman modal lebih dari Rp.16.000.000. Biaya ini akan dibebankan setelah dana pinjaman dicairkan dan hanya akan dipotong dari dana pinjaman yang telah dicairkan.

Cicilan dibayar setiap bulan dengan kisaran suku bunga 0.75% – 2.17% per bulan.

Terdapat denda jika terlambat membayar cicilan.

Untuk modal cepat dengan jumlah pinjaman di bawah Rp10.000.000 akan dikenakan denda sebesar Rp 300.000 dengan biaya bunga 0.1% per hari, sedangkan dengan jumlah pinjaman lebih dari Rp10.000.000 akan dikenakan denda sebesar Rp.1.000.000 dengan bunga 0.1% per hari. Untuk modal usaha dikenakan biaya keterlambatan Rp1.500.000 dengan biaya bunga 0.1% per hari.

Taralite

Memiliki usia produktif 18 s/d 56 tahun. Berdomisili di seluruh wilayah Indonesia.

Melengkapi dokumen yang dibutuhkan, yaitu: KTP, foto selfie bersama dengan KTP, KK dan NPWP.

Pinjaman modal yang diberikan berkisar Rp2.000.000 sampai dengan Rp500.000.000 dengan lama pelunasan cicilan yang ditawarkan selama: 3, 6 atau 12 bulan.

Dana pinjaman akan dicairkan langsung ke rekening bank pelapak dalam waktu 3-5 hari kerja. Hal tersebut dihitung sejak dokumen sudah dilengkapi seluruhnya dan selesai diverifikasi.

Cicilan dibayar setiap bulan dengan kisaran suku bunga 0.99% – 1.59% per bulan. Pelapak akan diberikan akses ke nomor rekening virtual account sendiri untuk melunasi pembayaran cicilan.

Terdapat biaya provisi sebesar 2% dari total pengajuan pinjaman modal. Biaya ini akan dibebankan setelah dana pinjaman dicairkan dan hanya akan dipotong dari dana pinjaman yang telah dicairkan.

Terdapat denda 0.1% per hari dari nominal sisa cicilan jika terlambat membayar cicilan.

Satu lapak hanya diperbolehkan mengajukan 1 pinjaman dalam waktu yang sama. Sehingga jika memiliki 2 lapak, maka diperboleh mengajukan 2 pinjaman dalam waktu yang sama namun dengan nama yang berbeda.

Pelapak dapat membatalkan pinjaman yang sudah disetujui apabila belum menandatangani kontrak perjanjian pinjaman kurang dari 3 hari.

Tidak ada penalti apabila pelunasan cicilan selesai sebelum jangka waktunya.