Kayu Gaharu dan Sederet Fakta Gaharnya yang Mendunia

Kayu Gaharu dan Sederet Fakta Gaharnya yang Mendunia, Bagi yang pernah berburu furnitur untuk mengisi interior rumah, kamu mungkin tidak asing dengan salah satu jenis kayu yang cukup populer di Indonesia, yakni kayu gaharu. Kayu gaharu sendiri merupakan kayu asli dari Indonesia dan kerap dijadikan sebagai bahan dasar untuk membuat berbagai macam aksesoris, dekorasi interior, dan beragam kerajinan kayu dengan harga jual lumayan tinggi.

http://www.koocopy.com/

AGEN388 INDONESIA 

Kayu gaharu juga acapkali dianggap sebagai kayu ajaib yang diturunkan dari surga. Hal inilah yang membuat mengapa jenis kayu ini begitu populer, tak hanya di nusantara, tapi juga mancanegara dan dibanderol dengan harga yang cukup fantastis. Beberapa negara yang memiliki minat tinggi terhadap kayu gaharu meliputi Singapura, Korea, Jepang, Yaman, dan Saudi Arabia.

Pamor yang begitu tinggi juga datang dari beragam manfaat dan keunggulan yang diberikannya. Jika diolah dengan cara yang tepat, kayu gaharu juga dapat menjadi bahan dasar pembuatan kosmetik, parfum, sampo, hingga pengobatan medis. Karena dipercaya mampu memberikan sederet manfaat tersebut, tak mengherankan jika harga kayu gaharu melonjak hingga mencapai nominal ratusan juta Rupiah.

Namun, jenis kayu seperti apa sih kayu gaharu ini? Serta, fakta gahar apa yang dimilikinya hingga banyak dipercaya oleh masyarakat?

Ciri serta Karakteristik Kayu Gaharu

kerajinan dari kayu gaharu

Salah satu produk dari kayu gaharu

Kayu gaharu berasal dari berbagai spesies pohon dengan genus Aquilaria, secara khusus yang berjenis A. malaccensis. Umumnya, kayu gaharu identik dengan warna kehitaman yang pekat nan khas, serta memiliki kandungan resin di bagian gubalnya. Resin yang terkandung pada jenis kayu tersebut biasa dijadikan sebagai bahan pelengkap untuk membuat parfum karena memberikan wangi harum yang khas, serta dipercaya dapat memberi efek aromaterapi yang ampuh tepis stres.

Kayu ini sudah sejak lama dijadikan sebagai komoditas perdagangan dari sejumlah kerajaan Nusantara untuk diperjualbelikan ke banyak penjuru dunia, seperti, Persia, India, beberapa negara di Arab hingga Afrika Timur. Namun, karena jumlah kayu ini di alam terbilang terbatas, sedangkan permintaan pasar sangat tinggi, kayu gaharu digadang-gadang sebagai salah satu jenis komoditas dengan harga paling mahal di dunia.

Salah satu ciri utama dari kayu gaharu adalah aroma khasnya. Mengenai karakteristiknya, pohon gaharu liar dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian 35 sampai 40 meter, dan memiliki diameter batang utama rata-rata sekitar 60 cm. Daun gaharu memiliki bentuk lancip dan meruncing di bagian ujungnya.

Selain itu, pohon ini juga memiliki buah dengan bentuk bulat oval berukuran panjang antara 3 sampai 5 cm. Buah pohon gaharu tersebut memiliki warna kemerahan serta mempunyai permukaan kulit agak berbulu.

Pohon Gaharu
Kualitas Tinggi Kualitas Rendah
  • Bagian gubal berwarna hitam pekat secara merata.
  • Menyerbak aroma harum yang khas dan pekat ketika disayat atau dipotong.
  • Memiliki gubal dengan warna kecoklatan.
  • Aroma khas kayu gaharu yang tak terlalu kuat.

 

Kegunaan Kayu Gaharu secara Umum

Selain kandungan resin yang dapat menjadi bahan pembuatan wangi-wangian, kayu gaharu juga dapat dimanfaatkan untuk beragam kebutuhan lainnya. Inilah sederet kegunaan kayu gaharu di berbagai bidang yang membuatnya memiliki permintaan cukup tinggi di pasaran.

  1. Aksesoris Fashion

    Kayu gaharu cukup populer dijadikan sebagai bahan pembuatan berbagai jenis aksesoris fashion. Seperti, kalung, gelang, dan juga liontin. Jenis kayu ini juga umum dijadikan sebagai material utama dalam membuat tasbih.

  2. Bahan Dasar Pembuatan Obat-Obatan

    Sudah dikenal sejak ratusan tahun lalu, kayu gaharu lazim dijadikan sebagai dasar pembuatan beberapa jenis obat herbal. Berbagai manfaat kayu gaharu meliputi, meredakan sembelit, perut kembung, diare, penyakit ginjal, sesak napas, masuk angin, juga gejala hipertensi.

  3. Bahan Pembuatan Sampo dan Beberapa Jenis Kosmetik

    Siapa yang menyangka jika kayu ini juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan pelengkap pembuatan produk perawatan tubuh? Seperti, kosmetik dan sampo. Selayaknya parfum, kayu ini dipilih sebagai bahan pembuatan produk tersebut karena mampu memberikan aroma yang khas.

  4. Diolah Menjadi Furnitur Interior Rumah

    Dengan warna hitam yang unik, tak sedikit orang yang merasa tertarik untuk memanfaatkan jenis kayu ini sebagai pelengkap, juga penambah aksen pada bahan bangunan. Sebagai contoh, kusen pintu. Tidak hanya itu, kayu gaharu asli juga kerap digunakan untuk membuat berbagai macam furnitur interior. Misalnya, meja dan kursi, maupun sekadar dekorasi untuk mempercantik ruangan.

  5. Identik Sebagai Perangkat dan Simbol Ritual Kebudayaan 

    Di beberapa perayaan acara adat istiadat atau ritual kebudayaan di Nusantara, kayu gaharu identik dijadikan sebagai perangkat yang menyimbolkan sesuatu. Dalam ritual tersebut, biasanya kayu tersebut akan dibakar agar bisa mengeluarkan aroma khasnya.