Pertanyaan Ini Sebelum Belanja, Bikin Lebih Hemat

Pertanyaan Ini Sebelum Belanja, Bikin Lebih Hemat, Memiliki sifat konsumtif tentu tidak menyenangkan, apalagi ketika pendapatan kita tidak sebanding dengan pengeluaran. Banyaknya keinginan untuk membeli barang-barang terbaru atau yang sedang trending sering tidak bisa dibendung. Biasanya pembelian tersebut lebih mengutamakan keinginan dan gaya saja daripada kebutuhan.yang di rangkum dalam koocopy

yang disupport oleh Club388 Deposit Pulsa

 

Meski tidak ada salahnya ketika belanja banyak asalkan sesuai dengan uang yang kita punya, namun penyesalan setelah berbelanja seringkali terjadi. Hal tersebut dikarenakan barang yang dibeli tidak sesuai ekspektasi dan justru membuat kita menjualnya kembali dengan harga yang lebih murah. Maka dari itu penting untuk terus menjaga diri kita agar terhindar dari sifat konsumtif yang sementara. Di bawah ini terdapat 5 pertanyaan yang bisa kamu jawab sebelum berbelanja agar bisa menghemat uang dan menghindari kerugian barang setelah pembelian

1. Apakah tidak ada barang yang lebih murah?

Jawab 5 Pertanyaan Ini Sebelum Belanja, Bikin Lebih Hemat!Pexels/Alexandra Maria

Terkadang dalam berbelanja seseorang terjebak oleh gengsi. Gengsi membuat kita membeli barang yang lebih mahal padahal ada banyak barang yang lebih murah. Agar terhindar dari gengsi, tentunya kamu perlu mengutamakan fungsi sebuah produk daripada harganya. Jangan mudah untuk mengeluarkan uang ketika bertemu barang yang mahal.

Cobalah untuk mencari barang yang lebih murah dahulu. Karena jika ada yang lebih fungsional dan hemat kenapa tidak? Selain itu jangan mudah termakan tren, karena barang-barang yang sedang trending akan lebih mahal dari biasanya. Belilah setelah harganya turun dan wajar untuk dibeli.

2. Seberapa sering barang tersebut digunakan setiap hari?

Jawab 5 Pertanyaan Ini Sebelum Belanja, Bikin Lebih Hemat!Pexels/mentatdgt

Sifat konsumtifmu biasanya muncul sementara. Maka dari itu untuk meyakinkanmu untuk membelinya, cobalah untuk berpikir seberapa sering barang yang akan kamu beli digunakan setiap hari. Beberapa barang biasanya hanya digunakan sewaktu-waktu dan bukan kebutuhan utama. Tentu kamu bisa memperkirakan seberapa sering barang tersebut digunakan untuk memperhitungkan uang yang kamu keluarkan juga. Jangan mengeluarkan banyak uang hanya untuk barang yang tidak sering kamu gunakan.

3. Berapa hari bekerja agar bisa terbeli barang tersebut?

Jawab 5 Pertanyaan Ini Sebelum Belanja, Bikin Lebih Hemat!Pexels/Andrea Piacquadio

Butuh berapa lama kamu bekerja agar barang tersebut bisa terbeli? Memiliki banyak uang didompet membuat kita cenderung ingin menghabiskannya. Apalagi jika tanggal muda setelah gajian. Terkadang hal tersebut yang membuatmu lupa agar bisa hidup lebih hemat. Cobalah berpikir ulang setiap ingin membeli barang. Berapa persen dari gajimu juga perlu ditabung bukan?