Urutan Lapisan Atmosfer Bumi

Urutan Lapisan Atmosfer Bumi – Tahukah kamu bahwa ada 6 urutan atmosfer yang menyelimuti planet kita? Informasi mengenai lapisan atmosfer Bumi ini perlu kita ketahui apalagi sebagai seorang pelajar. Bahkan, setiap lapisannya terdapat fungsinya masing-masing yang mungkin tidak kamu sadari. yang telah kita rangkum dalam koocopy

yang disupport oleh Club388 Deposit Pulsa

Atmosfer merupakan lapisan yang menyelimuti planet . Atmosfer memiliki 6 lapisan dimana setiap lapisannya memiliki fungsi dan ketinggian yang berbeda-beda. Sebagai pelajar, kita memang perlu mengetahui informasi ini sehingga pengetahuan kita semakin luas khususnya tentang planet yang kita huni.

Urutan Lapisan Atmosfer 

kompas.com

Sebelum mengulas urutan dari lapisan atmosfer yang ada di planet kita, alangkah baiknya kamu memahami atmosfer itu sendiri. Perlu diketahui, atmosfer merupakan suatu lapisan yang berwujud benda gas dan mengelilingi planet. Lapisan ini memiliki ketebalan hingga ribuan kilometer dari sisi luar suatu planet. Lapisan ini mengelilingi suatu planet dari lapisan permukaan planet hingga luar angkasa.

Pada dasarnya, lapisan atmosfer tidak hanya ada di planet . Namun juga ada pada planet-planet lainnya. Keberadaan dari atmosfer ini tentunya sebagai pelindung suatu planet dari benda asing yang beredar di luar angkasa sehingga tidak mudah mendarat ke suatu planet. Termasuk bagi planet , lapisan atmosfer tentunya sangat penting bagi kehidupan.

Lapisan atmosfer Bumi terbagi menjadi 6 urutan. Dimulai dari terdekat dengan permukaan bumi hingga terluar yakni Troposfer, Stratosfer, Mesosfer, Thermosfer, Ionosfer, dan Eksosfer. Berikut penjelasan lebih detail mengenai urutan dari lapisan atmosfer tersebut.

1. Troposfer 

Lapisan ini merupakan lapisan yang paling dekat dengan planet bumi. Lapisan ini memiliki ketinggian 8 hingga 14 ribu ke luar permukaan bumi. Lapisan ini menjadi wahana yang aman bagi pesawat untuk bergerilya.

Pada lapisan ini terjadi perubahan suhu, angin, iklim, dan cuaca. Selain itu, lapisan inilah sebagai tempat terjadinya hujan dan turunnya salju. Semakin tinggi lapisan ini maka suhunya semakin rendah.

2. Stratosfer 

Lapisan kedua atmosfer dari planet bumi ini memiliki ketinggian hingga 50 ribu kilometer dari troposfer. Ketebalan dari lapisan ini bisa mencapai 35 kilometer. Balon udara biasanya akan bertahan dengan ketinggian maksimal pada lapisan ini. Tak hanya itu, pesawat jet juga mampu bertahan pada lapisan ini.

Lapisan ini memiliki suhu yang tinggi sehingga tidak ada awan yang bergerak di lapisan ini. Bahkan, pada lapisan ini juga terdapat lapisan ozon yang akan melindungi bumi dari radiasi sinar ultraviolet yang berbahaya bagi makhluk pribumi.

3. Mesosfer 

Lapisan ketiga ini merupakan lapisan yang berada ditengah-tengah urutan lapisan atmosfer Bumi. Tak heran bila lapisan ini bernama mesosfer dimana meso berarti tengah.

Lapisan ini memiliki ketinggian antara 50 ribu hingga 85 ribu kilometer dari lapisan kedua. Suhu pada lapisan ini juga mirip seperti suhu pada lapisan troposfer dimana semakin tinggi keberadaan mesosfer maka suhunya akan semakin dingin.

Perlu diketahui, pada lapisan ini terdapat berbagai macam gas. Meskipun terdapat gas berupa oksigen, namun lapisan ini tidak dapat digunakan untuk bernapas karena lapisannya cukup tipis.

Selain itu, pada lapisan ini biasanya terjadi kehancuran meteor-meteor yang akan jatuh ke bumi. Meteor biasanya akan terbakar pada lapisan ini sehingga tidak akan mendarat.

4. Thermosfer

Sama halnya dengan nama dari lapisan ini, suhu pada lapisan thermosfer ini sangat tinggi. Suhunya bisa mencapai 1.500 derajat celcius. Namun bagi manusia tidak akan terasa panas justru akan terasa dingin karena tidak ada molekul gas yang menghantarkan panas ke tubuh manusia.

Pada lapisan ini, kita juga tidak akan mendengar suara-suara. Hal tersebut terjadi karena gelombang suara tidak ditangkap oleh gas yang ada pada ruang tersebut. Ketebalan dari lapisan ini bisa mencapai 513 kilometer dari mesosfer.

Pada lapisan ini terdapat berbagai satelit yang berputar mengelilingi bumi. Berbagai stasiun luar angkasa beredar pada thermosfer dan digunakan untuk berbagai keperluan di bumi. Tak hanya itu, pada lapisan ini juga banyak digunakan sebagai lokasi parkir bagi berbagai satelit.

5. Ionosfer

Perlu diketahui, lapisan atmosfer Bumi ini sebenarnya merupakan lapisan yang paling unik. Pasalnya, lapisan ini bertumpukan diantara mesosfer, thermosfer, dan eksosfer.

Pada lapisan ini, terdapat banyak senyawa listrik. Ion pada lapisan ini berasal dari gas-gas yang terpapar oleh radiasi matahari. Tak jarang terjadi peristiwa alam seperti aurora alias cahaya berwarna-warni yang menyala-nyala di malam hari. Cahaya ini hanya bisa dilihat di kutub bumi.

6. Eksosfer

Lapisan terluar ini tidak memiliki ketebalan yang pasti karena bisa sangat tinggi. Namun dari pihak NASA menetapkan batas terluar yakni hingga 10.000 kilometer.

Pada lapisan ini terdapat berbagai gas yang mengelilingi lapisan luar bumi. Gas tersebut seperti helium dan hidrogen serta berceceran dengan jarak yang sangat luas. Suhu udaranya juga sangat dingin serta memiliki tekanan yang sangat rendah.

Demikian ulasan mengenai 6 urutan dari lapisan atmosfer Bumi yang perlu kamu ketahui khususnya sebagai pelajar. Sudahkah kamu memahami keberadaan dari lapisan atmosfer yang ada di planet kita? Jangan lupa bagikan informasi ini ke berbagai pihak, ya!