Cara Menyampul Buku Pelajaran

Cara Menyampul Buku Pelajarana.Buku pelajaran sekolah dapat menjadi sangat mahal – bahkan, di beberapa kampus, mahasiswa dapat menghabiskan lebih dari Rp16.000.000,- per tahun hanya untuk membeli buku.[1] Mengapa mengambil risiko merusak investasi yang mahal ini? Beberapa ribu rupiah yang Anda gunakan untuk membeli sampul kertas yang sederhana dapat menghemat uang Anda dalam jangka panjang, maka janganlah menunda; sampul buku Anda hari ini untuk perlindungan jangka panjang. yang telah kita rangkumdalam koocopy

yang disuuport oleh Daftar Poker77

Menggunakan Selembar Kertas

Gambar berjudul Cover a Textbook Step 1

Ambillah kertas yang cukup untuk menyampul buku Anda dengan satu lembaran besar.

Dengan cara ini, kita akan menggunakan selembar kertas untuk memberikan sampul yang cepat, mudah, dan terjangkau untuk buku pelajaran kita. Untuk memulainya, bentangkan kertas pada permukaan yang rata, lalu bentangkan buku dan letakkan dengan posisi sampulnya di bawah pada kertas. Kertas harus lebih besar dari tepian buku. Jika tidak, maka kertas Anda tidak cukup besar.

  • Tersedia banyak jenis kertas yang dapat dijadikan sampul. Pada umumnya, kertas yang lebih tebal (seperti kertas konstruksi) akan memberikan perlindungan terbaik, meskipun kertas hias (seperti kertas kado) memberi tampak yang lebih menarik. (Di dalam artikel ini kita akan membahas bagaimana cara menghias dan memperkuat sampul kertas.)
  • Anda juga dapat menggunakan bahan-bahan yang serupa kertas, seperti kertas dinding, Tyvek (banyak digunakan dalam pembungkusan), dan selotip (lihat artikel di bawah).

Potonglah irisan berbentuk segitiga pada tepi punggung buku.

“Punggung buku” adalah bagian buku yang keras di tengah-tengah sampul di mana seluruh halamannya direkatkan. Buatlah dua buah irisan berbentuk segitiga di tengah-tengah sisi panjang tepian sampul kertas Anda. Irisan-irisan ini harus sejajar dengan kedua ujung punggung buku.

  • Jika Anda tidak melakukan ini, Anda akan mendapatkan masalah di langkah berikutnya saat melipat kelebihan kertas pada tepian sampul. Secara fisik Anda tidak akan bisa melipat kertas pada halaman buku, sehingga sampul kertas Anda akan mengerut dan pada akhirnya sobek saat Anda membuka dan menutup bukunya.

Lipatlah tepian-tepiannya.

Pilihlah dari sampul depan atau belakang dari buku Anda untuk mulai memnyampul. Pertama, lipatlah sisi panjang dari kertas Anda pada sampul buku sehingga cukup rapat. Lalu, lipatlah keempat sudutnya sehingga sejajar dengan tepian lipatan yang baru saja Anda buat. Terakhir, lipatlah tepian yang pendek dari kertas Anda ke dalam sampul untuk menyelesaikan sampul.

  • Gunakan potongan-potongan selotip untuk menahan sampul Anda saat mengerjakannya dan untuk menahan lipatan sampul Anda.

Tutup buku Anda dan ulangi pada sisi sampul lainnya.

Setelah Anda selesai menempelkan satu sisi dari sampul baru Anda, tutuplah buku Anda untuk menjaga posisinya, bukalah sampul lainnya, dan ulangi langkah-langkah melipat sama seperti langkah di atas. Beri selotip setiap Anda selesai melipat.

  • Selamat! Sampul buku Anda kini telah selesai. Apa pun yang Anda lakukan pada sampul setelah ini sepenuhnya bersifat opsional.
    • Satu hal yang mungkin ingin Anda coba adalah dengan menempelkan sepotong selotip di sepanjang punggung buku saat buku tertutup. Umumnya, punggung buku adalah bagian sampul yang paling cepat usang, sehingga melindunginya dengan selotip dapat mencegahnya rusak permanen.
    • Menempelkan sudut-sudutnya dengan cara yang sama juga membantu untuk mengurangi titik kerusakan yang sama. Ini juga memiliki keuntungan yaitu membuat sampul terpasang lebih kuat pada buku.
  • Selotip yang kuat seperti selotip bening atau selotip adalah pilihan terbaik, meskipun selotip Scotch berlapis dan selotip kayu juga dapat digunakan dengan cukup baik.
    Gambar berjudul Cover a Textbook Step 6

Hiaslah sampul Anda!

Sebelum membawa buku pelajaran Anda ke kelas, Anda mungkin ingin menambah keceriaan pada sampul Anda yang polos dan membosankan. Bagaimana membuatnya terserah Anda – selama pilihan Anda tidak merusak atau meninggalkan tanda pada buku Anda, itu pilihan yang baik. Di bawah ini beberapa ide yang bisa dilakukan; silakan berkreasi dengan ide Anda sendiri.

  • Gambar dan coret-coretan (berhati-hatilah untuk tidak menggunakan bolpoin atau spidol yang dapat merembesi sampul Anda)
  • Stiker
  • Rancangan tempel selotip
  • Rancangan ruang negatif (contohnya, memotong sebagian sampul dengan bentuk-bentuk dekoratif)
  • Potongan-potongan gambar dari majalah, iklan, dsb. Cukup potong dan tempelkan.

Beri Nama Buku Anda.

Beri nama buku Anda pada bagian sampul “depan” dan bagian “punggung” buku. Buatlah supaya setiap sampulnya berbeda, seperti berbeda warna, hiasan, atau apapun yang bisa Anda lakukan. Jika Anda terburu-buru, akan sangat mudah untuk buku Anda tertukar antara satu buku dengan lainnya dalam loker, tas punggung, atau rumah Anda.

  • Sertai cara untuk menghubungi Anda jika buku Anda hilang, seperti nama sekolah Anda, nomor telepon atau surel Anda. Jika Anda meninggalkan buku Anda di suatu tempat, kesempatan Anda untuk mendapatkan buku tersebut kembali kepada Anda atau ke sekolah Anda cukup besar jika orang baik yang menemukannya mengetahui cara mengembalikannya.
  • Pastikan Anda tidak menyertakan informasi identitas yang sensitif seperti alamat atau nomor kartu mahasiswa.