Gosok Gigi saat Siang Hari Bisa Batalin Puasa Gak Sih?

Gosok Gigi saat Siang Hari Bisa Batalin Puasa Gak Sih?

Sikat Gigi Siang Hari Saat Puasa Boleh | Pedoman Bengkulu

Di lansir dari koocopy.com, Puasa Ramadan adalah rukun Islam keempat, karena itu merupakan amalan yang wajib di lakukan bagi seluruh umat muslim. Seiring dengan kewajiban tersebut, tentunya ada syarat yang harus di penuhi dan larangan yang harus di hindari.

Namun, terkadang larangan dan hal-hal yang membatalkan puasa kerap menjadi perdebatan di kalangan umat muslim, termasuk juga dengan menggosok gigi pada siang hari. Banyak yang kemudian bertanya-tanya, apakah boleh menyikat gigi pada siang hari saat berpuasa? Di kutip dari IDN Poker APK, berikut beberapa ulasannya.

1. Menggosok gigi pada siang hari tidak membatalkan puasa

Pengasuh Pondok Pesantren Annur 1 Bululawang Malang, Jawa Timur, KH Ahmad Fahrur Rozi, memaparkan hal-hal yang membatalkan puasa salah satunya adalah memasukkan atau menelan suatu makanan hingga melewati tenggorokan.

Kiai yang akrab di sapa Gus Fahrur itu mengutip sebuah hadis yang di riwayatkan Abdullah bin ‘Abbas, bahwa:
“Tidak mengapa seseorang mencicipi kuah makanan atau suatu makanan, selama tidak sampai tertelan ke tenggorokan, saat ia berpuasa,” (HR. Ibnu Abi Syaibah dan Baihaqi).

Berangkat dari dalil tersebut, kata Gus Fahrur, menyikat atau menggosok gigi saat berpuasa tidak membatalkan puasa apabila di lakukan secara hati-hati, baik dari pasta gigi maupun air yang di gunakan saat menyikat gigi. Keduanya tak boleh tertelan agar puasa tidak batal.

“Sikat gigi tidak membatalkan puasa selama tidak ada sesuatu yang tertelan, dan harus di lakukan secara hati-hati” kata dia kepada IDN Times, Senin, 12 April 2021 malam.

2. Menggosok gigi sesudah zuhur hingga magrib hukumnya makruh

Namun, kata Gus Fahrur, berdasarkan Mazhab Hanbali dan Mazhab Syafi’i, menggosok gigi hukumnya makruh apabila di lakukan setelah zuhur hingga magrib. Alasannya karena bersiwak dan menggosok gigi akan menghilangkan bau mulut. Padahal hal tersebut merupakan ciri khas orang yang sedang berpuasa.

Mengutip hadis yang di riwayatkan Imam Bukhari dalam Sahih-nya:

وَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ لَخُلُوْفُ فَمِّ الصَّائِمِ أَطْيَبُ عِنْدَ اللهِ تَعَالَى مِنْ رِيْحِ الْمِسْكِ

Artinya: “Demi zat yang berkuasa atas nyawaku, sungguh bau mulut orang puasa itu lebih wangi menurut Allah daripada bau misik.”

Kendati, Gus Fahrur menyarankan, umat muslim yang berpuasa juga tetap harus membersihkan gigi dan mulut demi kesehatan. Menurut dia, menyikat gigi usai zuhur hingga magrib memang tidaklah dilarang. Namun di sarankan tidak di laksanakan demi menghindari kemungkinan tertelannya material pasta gigi maupun air yang di gunakan untuk berkumur.