Inilah Cara Menghemat Listrik di Rumah & Sayangi Bumi ini

Inilah Cara Menghemat Listrik di Rumah & Sayangi Bumi ini

Inilah Cara Menghemat Listrik di Rumah & Sayangi Bumi ini – Listrik adalah rangkaian fenomena fisika yang berhubungan dengan kehadiran dan aliran muatan listrik. Listrik menimbulkan berbagai macam efek yang telah umum diketahui, seperti petir, listrik statis, induksi elektromagnetik dan arus listrik. Konsumsi listrik adalah salah satu masalah lingkungan terbesar.

Menghemat listrik di rumah tidak hanya membantu mengurangi kebutuhan energi rumah tangga, tetapi juga membantu mengurangi permintaan bahan bakar fosil yang mencemari dan menghemat uang yang harus kamu keluarkan untuk membayar tagihan listrik. Sebagian besar listrik yang dikonsumsi di seluruh dunia dihasilkan dari bahan bakar fosil, seperti minyak bumi, gas alam, dan batu bara.

Bahan bakar ini ditemukan di bawah permukaan tanah dan biasanya membutuhkan pengeboran dan penambangan untuk mengumpulkannya. Proses ekstraksi ini berdampak buruk pada lingkungan. Karenanya, kita perlu menghemat penggunaan listrik sebisa mungkin untuk APK IDNPlay Ceme meminimalkan efek buruknya terhadap lingkungan. Bagaimana caranya? Simak tipsnya berikut ini.

1. Cabut perangkat elektronik saat tidak digunakan

Ini 5 Cara Menghemat Listrik di Rumah, Sayangi Bumi!

Aturan ini sepertinya sudah jelas, tetapi banyak orang tidak menyadari berapa banyak biaya listrik yang harus dibayar saat memasang perangkat yang tidak perlu. Jadi, periksa tiap sudut rumahmu untuk mengetahui kemungkinan adanya beberapa barang yang tidak perlu terpasang. Misalnya, barang-barang elektronik yang standby, seperti TV atau komputer yang mengambil sejumlah kecil listrik sambil menunggu untuk digunakan.

Apa pun barangnya, jika tidak digunakan untuk sementara waktu, matikan dan cabut kabelnya. Meskipun listrik yang mereka konsumsi mungkin tampak kecil, tetapi ketika dibiarkan dalam waktu lama, ini bisa menjadi banyak.

2. Bersihkan coil di belakang lemari es

Ini 5 Cara Menghemat Listrik di Rumah, Sayangi Bumi!

Lemari es merupakan salah satu perangkat elektronik yang banyak digunakan di rumah-rumah. Lemari es juga perlu rutin diperiksa untuk menjaga efisiensinya dalam penggunaan listrik.

Coil di bagian belakang lemari es bisa menjadi sangat kotor sehingga mengurangi efisiensi, jadi usahakan untuk membersihkannya setidaknya setahun sekali. Manfaatnya, kulkas akan bertahan lebih lama dan biaya listrik menjadi lebih sedikit.

3. Buka jendela di siang hari

Ini 5 Cara Menghemat Listrik di Rumah, Sayangi Bumi!

Matahari adalah bentuk energi yang sangat baik, bahkan banyak listrik terbarukan yang bisa dihasilkan dari matahari. Cahaya matahari bisa digunakan sebagai pengganti lampu dan kipas di siang hari. Tanpa penggunaan listrik, banyak udara segar, dan menghentikan kondensasi.

Membiarkan gorden tetap terbuka di siang hari dapat membantu menghadirkan kehangatan, sirkulasi udara yang baik, dan cahaya di dalam rumah, sehingga mengurangi kebutuhan energi yang dibutuhkan untuk menyejukkan dan menerangi rumah. Perubahan sederhana ini dapat membuat perbedaan nyata selama setahun.

4. Jaga lemari es dan freezer tetap penuh

Ini 5 Cara Menghemat Listrik di Rumah, Sayangi Bumi!

Lemari es dan freezer yang terisi hampir penuh membutuhkan lebih sedikit energi untuk menjaga suhu tetap dingin karena item di dalamnya dapat mempertahankan suhu.

Kamu tidak harus selalu mengisinya dengan makanan untuk menghemat listrik. Cukup dengan mengisi lemari es dengan air sudah akan memberikan efek yang sama. Atau, kamu bisa mengisi ruang kosong pada lemari es dan freezer dengan kertas agar tetap penuh.

5. Sesuaikan penggunaan lampu

Ini 5 Cara Menghemat Listrik di Rumah, Sayangi Bumi!

Ingatlah untuk mematikan bola lampu saat tidak digunakan. Selain itu, untuk semakin menghemat listrik, gunakan bola lampu dengan watt lebih tinggi dan kurangi jumlah bola lampu di setiap ruangan. Misalnya, kamu bisa menggantikan 2-3 bohlam 60 watt dengan memasang satu bohlam 100 watt di sebuah ruangan.

Juga, pertimbangkan untuk menggunakan compact fluorescent lamp (CFL) atau lampu LED. CFL menggunakan energi antara 50-80 persen lebih sedikit daripada lampu pijar biasa dan bertahan lebih lama. CFL merupakan pilihan yang sangat praktis untuk pencahayaan eksterior yang sering diharuskan menyala sepanjang malam.

Ingatlah bahwa terdapat hubungan antara banyaknya listrik yang digunakan dan lingkungan. Perubahan yang kamu lakukan sebagai individu mungkin tampak kecil, tetapi momentum dan kemajuan akan terlihat karena semakin banyak orang yang sadar akan efek penggunaan listrik mereka.