Inilah Manfaat Pendidikan Seksual Pada Anak

Inilah Manfaat Pendidikan Seksual Pada Anak

Inilah Manfaat Pendidikan Seksual Pada Anak – Pendidikan seksual atau edukasi seks adalah kegiatan untuk mengajarkan mengenai kesehatan reproduksi. Pendidikan seks pada anak masih dianggap tabu bagi sebagian orang. Padahal, hal ini justru dapat memberikan pemahaman pada anak dan membekali mereka supaya lebih sadar dan peduli dengan kesehatan seksual mereka nantinya.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk menyadarkan pentingnya kesehatan reproduksi sehingga tindakan pelecehan seksual maupun penyakit menular dapat dicegah. Pendidikan seks komprehensif dapat menjadi hal efektif untuk menanggulangi pergaulan bebas. Kamu dapat berdiskusi dan memberi pengetahuan seputar seks pada anak dengan penyampaian yang sesuai dengan usianya.

Sebelum kamu beranjak memberi pendidikan seks pada buah hatimu, Dilansir dari laman idn poker mobile pahami dulu manfaat edukasi seksual pada anak berikut ini.

1. Membangun kepercayaan antara orangtua dan anak
5 Manfaat Edukasi Seksual pada Anak, Jadi Menghargai Diri Sendiri!

Membahas seks secara terbuka dengan anak, memberikanmu kesempatan untuk menjelaskan informasi yang sesuai dan akurat. Dengan demikian, anak memiliki kepercayaan padamu dan gak akan mencari tahu dari sumber-sumber lain seputar seks secara bebas.

2. Membuat anak mengerti tentang konsekuensi seks dan menghargai dirinya sendiri
5 Manfaat Edukasi Seksual pada Anak, Jadi Menghargai Diri Sendiri!

Mendiskusikan tentang seks membuat anak menyadari bahwa ia harus melindungi dan menghargai tubuhnya sendiri. Seluruh perlakuan terhadap tubuhnya, harus mendapat persetujuan darinya dan gak boleh dipaksakan.

Pendidikan seks pada anak juga membuatnya belajar memilih, bersikap, dan bertanggung jawab atas perbuatannya. Dengan demikian, mereka dapat mengetahui konsekuensi saat mulai aktif secara seksual, seperti saat kehamilan dan penyakit menular seksual.

3. Menangkal efek buruk lingkungan
5 Manfaat Edukasi Seksual pada Anak, Jadi Menghargai Diri Sendiri!

Pembahasan seputar seks dapat melindungi anak dari dampak negatif konten tertentu di televisi maupun internet. Selain itu, pemahaman tentang dunia pergaulan juga harus kamu berikan supaya anak gak terjerumus seks bebas atau tindakan kriminal, seperti perkosaan atau kekerasan seksual.

4. Membuat anak paham dan gak penasaran untuk mencari tahu hal yang gak seharusnya
5 Manfaat Edukasi Seksual pada Anak, Jadi Menghargai Diri Sendiri!

Studi menunjukkan, semakin sering anak terekspos gambar seksual di media, akan lebih besar juga keterlibatan mereka dalam aktivitas atau perilaku seksual sejak usia muda. Rasa penasaran mengenai seks adalah langkah alami dari pertumbuhan anak untuk belajar tentang tubuhnya.

Pendidikan seks membantu anak untuk lebih memahami dan mencintai tubuh mereka sendiri. Apabila sudah mengetahui itu sejak awal dari keluarga, anak jadi gak penasaran lagi dan mencari tahu secara diam-diam mengenai apa yang seharusnya mereka gak ketahui.

5. Mengurangi tingkat pergaulan bebas
5 Manfaat Edukasi Seksual pada Anak, Jadi Menghargai Diri Sendiri!

Anak yang telah memahami seks dari orangtuanya, cenderung lebih minim rasa keingintahuannya tentang seks bebas. Rasa penasarannya sedikit dan kemungkinan gak ingin melakukan hal tersebut karena sudah mengetahui konsekuensinya.

Selalu tekankan pada anak bahwa kata “tidak” adalah “tidak”, serta pengaruh alkohol maupun obat-obatan akan merusak kemampuannya dalam mengambil keputusan akan seks dan bisa berujung pada kekerasan seksual.

Ituah beberapa alasan manfaat pendidikan seks pada anak. Tentunya, hal ini bertujuan supaya kehidupan anak ke depannya lebih sejahtera.