5 Tips Memilih Asuransi Kesehatan

5 Tips Memilih Asuransi Kesehatan,Kesehatan adalah hal penting yang harus kita jaga. Selain menjaga kesehatan dengan cara menjaga asupan makanan, minum air putih dan tidur yang cukup hingga mengelola stres, penting juga untuk membeli asuransi kesehatan.

Ya, asuransi kesehatan ini penting untuk dimiliki, tujuannya agar Anda agar terlindung dari risiko finansial akibat hal tak terduga seperti sakit, kecelakaan hingga meninggal dunia.

Dengan memiliki asuransi, Anda bisa merasa lebih tenang dan terjamin lantaran punya perlindungan dari risiko finansial yang merugikan. Tahukan, sakit juga perlu biaya dan biaya berobat tidaklah murah.

Untungnya kini membeli asuransi kesehatan semakin mudah. Kita bisa membeli asuransi kesehatan secara online, membandingkan banyak ragam pilihan produk asuransi dan membelinya yang sesuai dengan kebutuhan.

Namun dengan banyaknya pilihan di pasar, membeli asuransi kesehatan tentu bisa membuat Anda bingung.

Nah, biar tidak salah beli asuransi, kesehatan. Ada baiknya kita simak dulu apa saja hal yang harus di perhatikan. Tujuannya, agar Anda tidak salah beli dan bisa memaksimalkan manfaat dari asuransi kesehatan tersebut. yang sudah kita Rangkum dari koocopy

dan yang di support oleh CLUB388 INDONESIA

1. Beli Asuransi Kesehatan Saat Anda Sehat

Jangan menunda-nunda punya asuransi kesehatan

Penyesalan memang selalu datang terlambat. Kebanyakan dari kita baru membeli asuransi saat penyakit datang menghalau, baru tersadar betapa mahalnya biaya pengobatan di rumah sakit. Anda pasti tak jarang mendengar kisah mereka yang baru sadar betapa pentingnya asuransi setelah dirinya atau sanak saudara dirawat di rumah sakit dan menghabiskan biaya berobat yang mahal.

Apabila kondisi sudah sakit lalu baru membeli asuransi kesehatan, maka banyak juga pihak perusahaan asuransi yang tidak akan mengabulkan permohonan tersebut. Sebab di asuransi kesehatan Anda perlu memahami adanya ketentuan ‘pre-existing condition‘.

Maksud dari ketentuan tersebut adalah, jika Anda sudah berada dalam kondisi sakit atau sudah memiliki penyakit tertentu, kemungkinan besar pihak asuransi tidak akan memberikan tanggungan untuk penyakit-penyakit ini. Oleh sebab itu, beli dan milikilah asuransi kesehatan ketika Anda berada dalam kondisi sehat.

2. Pahami Kebutuhan dan Syarat Rawat Inap

Ilustrasi kamar inap di rumah sakit

Pahami kebutuhan itu penting. Sebelum membeli asuransi, pastikan Anda tahu apa yang menjadi kebutuhan Anda dalam memiliki asuransi. Misalnya, apakah Anda perlu memiliki asuransi kesehatan dengan perluasan premi untuk penyakit kritis atau tidak? dan lain sebagainya.

Hal lainnya, pahami bahwa setiap produk asuransi kesehatan memiliki aturan dan syarat rawat inap yang berbeda-beda. Ada pemahaman umum yang salah tentang rawat inap misalnya, ketika Anda harus rawat inap di rumah sakit, Anda bisa mengajukan klaim ke asuransi, kapanpun juga.

Selain itu, perhatikan dengan saksama juga untuk setiap manfaat dari asuransi kesehatan yang akan Anda beli. Misalnya, aturan berapa lamakah rawat inap yang bisa di klaim asuransi.

Apakah setelah 1 hari menjalani rawat inap di rumah sakit, Anda sudah bisa mengajukan klaim asuransi? atau Anda bisa langsung mengajukan klaim hanya dengan bukti beberapa jam dirawat di UGD?

3. Satu Polis untuk Satu Keluarga

Keluarga Tenang Berkat Asuransi Kesehatan

Bagi mereka yang sudah berkeluarga, pertanyaan yang kerap muncul adalah, apakah lebih baik membeli langsung satu polis asuransi kesehatan untuk satu keluarga atau beli polis per anggota keluarga?

Jawabnya, membeli asuransi kesehatan secara langsung untuk beberapa anggota keluarga jauh lebih murah daripada beli masing-masing. Namun, hal ini juga tergantung pada manfaat dan nilai pertanggungan yang ditawarkan.

Pilihannya bagi Anda yang telah berkeluarga, Anda bisa membeli asuransi kesehatan keluarga. Dimana Anda akan mendapatkan perlindungan diri baik berupa perlindungan jiwa dan kesehatan yang melindungi seluruh anggota keluarga (5 orang) dalam satu polis.

4. Dimulai Dari Usia Muda

Miliki asuransi kesehatan sejak dini

Pahami bahwa besar premi asuransi itu sangat bergantung pada cakupan perlindungan yang ditawarkan, usia nasabah atau tertanggung, riwayat medis tertanggung hingga jangka waktu perlindungan.

Di dalam asuransi kesehatan, ada ketentuan yang berlaku seperti semakin tua usia seseorang maka premi yang dibayarkan akan lebih mahal. Hal ini dikarenakan adanya berbagai risiko penyakit yang diderita ketika usia kian menua.

Jadi, jangan nunggu tua baru punya asuransi kesehatan ya karena semakin muda usia Anda, maka semakin murah premi yang harus dibayar.

5. Teliti Cek Manfaat dan Pelajari Polis Asuransi

Pahami manfaat dan pelajari polis asuransi kesehatan

Sebelum membeli asuransi kesehatan, sebaiknya Anda teliti dalam melihat manfaat asuransi (coverage) yang ditawarkan dan mempelajari polisnya juga.

Bisa jadi, produk asuransi kesehatan A lebih mudah dari B namun manfaatnya berbeda.

Umumnya manfaat yang lazim ditawarkan dalam sebuah produk asuransi kesehatan antara lain manfaat rawat inap, manfaat perawatan gigi, manfaat rawat jalan, hingga manfaat pembedahan.

Selain itu, pahami juga bahwa beda jenis asuransi, beda pula rumah sakit yang bisa menerimanya. Semakin banyak rumah sakit yang bisa menerima asuransi Anda, akan semakin menguntungkan Anda.

Jangan malas juga untuk mempelajari kondisi-kondisi yang dikecualikan yang tertera dalam polis asuransi kesehatan.

Contohnya, Anda harus paham dengan pre-existing condition atau aturan dalam asuransi kesehatan yang menyatakan manfaat asuransi tidak berlaku untuk penyakit yang sudah ada sebelumnya.

Hal ini artinya apabila Anda jatuh sakit dan harus rawat inap karena pre-existing conditions, maka perusahaan asuransi kesehatan akan menolak klaim Anda.

Kunci Memilih Asuransi Kesehatan Sesuai Kebutuhan

Membeli produk asuransi kesehatan sesuai kebutuhan itu penting agar Anda bisa memaksimalkan manfaatnya dan terhindar dari risiko finansial saat sakit.

Kunci memilih asuransi kesehatan yang tepat yaitu perhatikan jangkauan perlindungan, besar premi yang dibebankan dan rekam jejak penyedia asuransi guna kemudahan urusan klaim kelak.

Semoga artikel ini membantu Anda dalam memilih asuransi kesehatan yang pas dan tepat untuk Anda dan keluarga. Jaga kesehatan selalu dan jangan lupa lindungi diri dengan asuransi kesehatan.